Rahma chaniago
Tugas kali ini saya akan membahas mengenai kinerja komputasi dengan parallel processing. Sebelum masuk ke kinerja komputasi, saya akan sedikit membahas mengenai apa itu komputasi parallel dan parallel processing. Komputasi parallel adalah salah satu teknik melakukan komputasi secara bersamaan dengan memanfaatkan beberapa komputer secara bersamaan. Biasanya diperlukan saat kapasitas yang diperlukan sangat besar, baik karena harus mengolah data dalam jumlah besar ataupun karena tuntutan proses komputasi yang banyak. Sedangkan Parallel processing adalah penggunaan lebih dari satu CPU untuk menjalankan sebuah program secara simultan. Idealnya, parallel processing membuat program berjalan lebih cepat karena semakin banyak CPU yang digunakan.
Kebanyakan komputer hanya menggunakan satu CPU, terus gimana caranya komputer ini ingin melakukan parallel processing? Sedangkan di atas dijelaskan kalau parallel processing menggunakan lebih dari satu CPU. Jadi, solusinya sangat mudah sekali. Ada 2 macam caranya, yang pertama adalah menghubungkan ke computer lain menggunakan jaringan. Yang kedua adalah dengan menggunakan software yaitu distributed processing. Dengan kedua cara ini maka parallel processing dapat digunakan hanya dengan satu CPU saja.
Jadi dapat disimpulkan bahwa parallel processing komputasi adalah proses atau kerja komputasi pda komputer menggunakan suatu bahasa pemrograman yang dijalankan bersamaan secara parallel, parallel ini diperlukan computer agar meningkatkan kecepatan komputasi misalnya pada saat menangani pengolahan data yang besar.
Setelah melihat penjabaran di atas, maka berikut ini adalah gambarannya:
0 Responses

Posting Komentar