Teknik-Teknik Realisme dalam Grafik Komputer:
- Ray Tracing : sebuah teknik untuk menghasilkan gambar dengan pencahayaan yang mendekati sebenarnya. Komputasi yang lebih lama dan memakan resources.
- Lighting atau Illumination : teknik pencahayaan untuk penggunaan sumber cahaya buatan seperti lampu dan penerangan alami seperti skylight, matahari dll.
- Shadow : efek dari pencahayaan, area di mana cahaya tidak dapat mencapainya karena terhalang oleh sebuah objek.
- Difuse Color : warna sebenarnya dari objek.
- Reflection : efek pencahayaan, pemantulan cahaya.
- Refraction : efek pencahayaan, pembiasan cahaya ketika terkena objek.
- Rendering : proses menghasilkan sebuah gambar dari sebuah model, dengan menggunakan program computer.
- Shading : efek pencahayaan, bagaimana warna dan kecerahan dari permukaan bervariasi dengan pencahayaan.
- Texture Mapping : memberikan kulit / pola (pattern) pada objek 3D, contohnya memberikan material dinding pada objek box.
- Bump Mapping : memberikan kesan seakan-akan kasar pada objek 3D yang halus dengan menggunakan textures / map.
- Normal Mapping (height map) : sebuah textures yang mendeskripsikan normal dari tiap pixel, membuat objek 3D memiliki ketinggian yang berbeda (lekukan, goresan dll) karena itu disebut juga Normal Map.
- Transparency : kemampuan objek untuk ditembus cahaya.
- Translucency : penyebaran cahaya ketika melalui benda padat.
- Caustic : suatu bentuk pencahayaan tidak langsung. Pantulan cahaya dari sebuah benda yang shiny, atau memfokuskan cahaya melalui objek yang transparan, untuk menghasilkan cahaya warna cerah pada objek lain.
- Ray Tracing : sebuah teknik untuk menghasilkan gambar dengan pencahayaan yang mendekati sebenarnya. Komputasi yang lebih lama dan memakan resources.
- Lighting atau Illumination : teknik pencahayaan untuk penggunaan sumber cahaya buatan seperti lampu dan penerangan alami seperti skylight, matahari dll.
- Shadow : efek dari pencahayaan, area di mana cahaya tidak dapat mencapainya karena terhalang oleh sebuah objek.
- Difuse Color : warna sebenarnya dari objek.
- Reflection : efek pencahayaan, pemantulan cahaya.
- Refraction : efek pencahayaan, pembiasan cahaya ketika terkena objek.
- Rendering : proses menghasilkan sebuah gambar dari sebuah model, dengan menggunakan program computer.
- Shading : efek pencahayaan, bagaimana warna dan kecerahan dari permukaan bervariasi dengan pencahayaan.
- Texture Mapping : memberikan kulit / pola (pattern) pada objek 3D, contohnya memberikan material dinding pada objek box.
- Bump Mapping : memberikan kesan seakan-akan kasar pada objek 3D yang halus dengan menggunakan textures / map.
- Normal Mapping (height map) : sebuah textures yang mendeskripsikan normal dari tiap pixel, membuat objek 3D memiliki ketinggian yang berbeda (lekukan, goresan dll) karena itu disebut juga Normal Map.
- Transparency : kemampuan objek untuk ditembus cahaya.
- Translucency : penyebaran cahaya ketika melalui benda padat.
- Caustic : suatu bentuk pencahayaan tidak langsung. Pantulan cahaya dari sebuah benda yang shiny, atau memfokuskan cahaya melalui objek yang transparan, untuk menghasilkan cahaya warna cerah pada objek lain.
Posting Komentar