Rahma chaniago
==Seputar Game==
Dalam bahasa game adalah permainan. Permainan yang dimaksud dalam game juga dapat diartikan sebagai kelincahan intelektual. Sementara kata game bisa diartikan sebagai arena keputusan dan aksi pemainnya. Game juga bisa berarti hiburan. Ada enam faktor yang melatari seseorang bermain games, yaitu adanya tawaran kebebasan, keberagaman pilihan, daya tarik elemen-elemen gam, antarmuka, tantangan dan aksesibilitasnya.

Dahulu istilah game identik dengan anak-anak selaku pemain. Segala bentuk kegiatan yang memerlukan pemikiran, kelincahan intelektual dan pencapaian terhadap target tertentu dapat dikatakan sebagai game. Saat ini perkembangan game di komputer sangat cepat. Para pengelola industri game berlomba-lomba untuk menciptakan game yang lebih nyata dan menarik untuk para pemainnya. Hal ini yang membuat perkembangan game di komputer sangat cepat. Sehingga games bukan hanya sekedar permainan untuk mengisi waktu luang atau sekedar hobi. Melainkan sebuah cara untuk meningkatkan kreatifitas dan tingkat intelektual para penggunanya.

Jadi, bermain game adalah suatu proses fine tuning (penyamaan frekuensi) dari logika berpikir anak-anak atau kita sekalipun dengan logika berpikir aplikasi komputer yang canggih tadi. Pada saat bersamaan, game juga secara nyata mempertajam daya analisis para penggunanya untuk mengolah informasi dan mengambil keputusan cepat yang jitu.

==Sejarah Perkembangan Game==
Pada tahun 1952 muncul game yang bernama OXO yang dibuat oleh A.S. Douglas dari University of Cambridge, merupakan game grafis nol dan silang yang bekerja pada computer besar yang menggunakan CRT display. Tahun 1972 muncul pula game yang menggunakan CRT display bernama Tic Tac Toe yang diciptakan oleh Waco Company. Aplikasi CRT ini mempunyai sistem yang terdiri dari 8 vacum tubes dan menyimulasi peluru ditembakkan pada target. Saat itu grafik belum dapat dibuat, penembakkan digambar pada lapisan yang ditempelkan ke CRT display.
Industri game yang masih bertahan sampai sekarang adalah video game dan game komputer. Game komputer lebih banyak itemnya karena dengan perangkat standar hampir semua dapat dimainkn di PC. Sedangkan untuk pasar video game, banyak didominasi oleh pemilik standar, yaitu Sony dengan Play Station, Microsoft dengan Xbox 360, dan Nintendo. Game komputer sudah berkembang ke arah Network Multimedia Game, di mana banyak pemain dari lokasi yang saling berjauhan berinteraksi satu sama lain dalam satu jaringan computer, salah satunya Quake III Arena.

==Game online==
Penemuan tekonologi game online tahun 70-an oleh militer di Amerika. Dari metode networking komputer dikembangkan fitur baru termasuk game. Jaringan yang pertama kali dipakai adalah LAN, kemudian meluas menggunakan jaringan jalur www (world wide web) atau internet yang bisa diakses via nirkabel. Agar dapat memainkan game online kita harus meng-install dulu program game-nya dan hardware yang digunakan harus memadai.

Beberapa cara bermain game online. Pertama, kita harus mendaftar atau register terlebih dahulu. Tidak semua dimainkan secara gratis, beberapa diantaranya ada yang perlu registrasi yang memerlukan sejumlah biaya. Kita harus memasukan source code yang ada pada voucher games yang kita beli. Pada game online kita mengenal adanya level pada permainan. Untuk tahap awal, kita harus memulai pada level satu, kemudian level akan selalu bertambah karena tingkat kemampuan kita untuk memainkannya. Pada game online pasti memiliki id character yang harus kita jaga.
Banyak jenis game online yang dapat dimainkan, dari game arcade sampai game perang atau petualangan. Contohnya ada catur online dan pool (billiard) yang disediain Yahoo!. Gunbound, Ragnarok, Laghaim, Spiderman 2, Final Fantasy, Roadrash, Big Huge, dan Rise of Nations keluaran Microsoft.
Game online di Indonesia ada game Nexia yang beredar pada tahun 90-an. Sekarang yang lai banyak di gandrungi adalah Ragnarok online, sebuah game yang menawarkan kekuasaan penuh atas karakter yang diciptakan dan memberikan banyak pilihan, apakah karakter tersebut akan menjadi karakter yang beruntung, lemah, pemurah atau yang lainnya. Game ini kita dapat bermain dengan begitu banyak orang. Begitu mewabahnya game online, membuat para pengusaha warnet memakainya sebagai salah satu penarik minat gamers untuk mengunjungi tempat mereka.

==Klasifikasi Game==
First Person Shooter(FPS), game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer.
Real-Time Strategy, game ini menekankan pada kehebatan strategi pemainnya.
Cross-Platform Online, game ini dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda
Browser Games, game ini dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata.
0 Responses

Posting Komentar